SDN Karangjati 1 Kesulitan Air Bersih

Posted: 10 September 2011 in Edukasi

SLAWI-METROPOLSPOS – Pasca kebakaran yang menghanguskan dua ruangan SD Negeri Karangjati 1 Kecamatan Tarub, Kamis (1/9) pukul 04.00 WIB, mengakibatkan sekolah tersebut kesulitan air bersih. Untuk mendapatkannya, pihak sekolah harus rela mengambil air dari pemukiman warga sekitar.
Kepala SD Negeri Karangjati 1, Manis Suprapto mengaku, pasokan air bersih untuk MCK para siswa dan dewan guru, sama sekali tidak ada. Meski ada, harus rela meminta kepada warga sekitar. Menurutnya, sebelum amukan sijago merah melalap kedua ruangannya itu, pihak sekolah mengkonsumsi air bersih melalui pompa air yang di sedot dengan menggunakan aliran listrik. Tetapi berhubung listriknya turut terbakar, sehingga pihaknya mengkonsumsi air seadanya. Dirinya tak mengelak, dua ruang yang hangus terbakar, yakni ruang kepala sekolah dan ruang guru, kondisinya kini sangat memprihatinkan.
“Akibat kebakaran ini, kami mengalami kerugian sekitar Rp 200 jutaan,” kata kepala sekolah, kepada sejumlah wartawan, Selasa (6/9) pagi.
Kerugian yang dialaminya antara lain, buku induk selama 43 tahun, buku rapor murid, buku pelajaran, 8 lemari kayu, 1 lemari kaca, 1 tape recorder merk Tens, peralatan olahraga, 1 set peralatan kesenian, 1 set meja kursi ruang tamu dan meja kursi kepala sekolah, serta peralatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Semua barang yang terbakar, berada diantara kedua ruangan tersebut. Sementara selama dua ruangan itu belum diperbaiki, ruang kepala sekolah dan guru dialihkan ke gudang sekolah. Kondisi gudang sangat kotor dan sempit. Luas gudang sekira 81 meter persegi.
“Kami terpaksa disini (Gudang sekolah, red), karena tidak ada ruangan lagi. Ruang kelas siswa saja hanya 5 lokal,” ucapnya sedih.
Dia menambahkan, upaya melaporkan atas kejadian itu, sudah dilakukan hingga ke tingkat kabupaten. Dia berharap, dua ruangan tersebut, secepatnya mendapat bantuan pembangunan. Sehingga, proses belajar mengajar, tidak terhambat. “Kami sudah mengajukan proposal baik ke UPTD setempat, maupun ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal serta Bupati Tegal. Semoga proposal itu, secepatnya mendapat jawaban dari mereka,” pungkasnya.
Berita sebelumnya, kali pertama kebakaran itu diketahui, oleh dua orang pengendara sepeda motor yang tengah melintas di ruas jalan depan sekolah yang merupakan jalur Kramat Pangkah tersebut.
Kedua orang itu, bergegas mendatangi salah satu warga yang tinggalnya tidak jauh dari lokasi. Setelah berhasil membangunkan warga yang diketahui bernama Nasir, kemudian membangunkan warga lainnya termasuk penjaga sekolah, Kasmuri, yang tinggalnya beberapa meter dari gedung sekolah.
Mendapat kabar demikian, lantas Kasmuri segera menghubungi petugas Polsek Tarub yang selanjutnya meminta bantuan kepada Polres Tegal dan petugas pemadam kebakaran. Selang sekitar setengah jam kemudian, dengan bantuan dua unit mobil damkar, api berhasil dijinakan setelah menghanguskan dua ruangan tersebut.
Kapolres AKBP Nelson Pardamean Purba SIK melalui Kapolsek Tarub AKP Supratman, membenarkan kebakaran yang sudah menghanguskan dua ruang tersebut. Berdasarkan penyelidikan sementara dan keterangan sejumlah saksi, api berasal dari hubungan arus pendek di ruangan kepala sekolah.
“Di dalam ruangan tersebut terdapat arsip para siswa kelas 1-6, seperangkat printer, tape yang biasanya digunakan untuk senam/olahraga dan rapor siswa,” jelasnya.
Terpisah, hal senada diungkapkan Kepala UPTD Dikpora Tarub, Hj Nurnaningsih. Menurutnya, kebakaran disinyalir akibat konsleting listrik. Kondisi sekolah pada saat kejadian, tidak ada orang satupun karena situasinya sedang liburan Idul Fitri. Menurutnya, penjaga sekolah juga tidak tinggal di lingkungan sekolah.
“Kami mendapat laporan dari Kasubag TU UPTD setempat. Dan laporan itu, kami lanjutkan ke Kepala Dinas Pendidikan,” katanya, saat dihubungi melalui sambungan elektronik

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s