Usai Lebaran Stok Darah Kosong

Posted: 10 September 2011 in Serba-serbi

TEGAL, METROPOLISPOS – Masyarakat yang membutuhkan transfusi darah harus berupaya ekstra untuk mecari. Karena saat ini ready stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Tegal kosong.

Kabag Tata Usaha UDD PMI Kota Tegal, Tri Oktaviana mengatakan, stok darah sejak beberapa hari lalu hingga sekarang kosong. Karenanya untuk memenuhi kebutuhan, saat ini PMI Kota Tegal mengandalkan donor penganti atau on call. Atau PMI mengarahkan pencari darah ke Polres, TNI, atau Balai Yasa. Karane ditempat-tempat tersebut terdapat anggota yang siap mendonor.

“Pada 30 Agustus lalu stok darah tinggal 14 kantong dan saat ini sudah tidak ada lagi. Di UDD hanya ada 5 kantong untuk cadangan kebutuhan yang sangat mendesak. Sehingga tidak dituliskan pada papan yang ada di Kantor UDD PMI,” katanya Kamis (8/9).

Dijelaskan, produksi darah selama Agustus lalu mencapai 708 kantong. Itu terdiri dari 364 kantong yang didapat dari 6 kegiatan dan sisa darah akhir Juli serta DDS yang datang ke PMI serta donor on call. Untuk pemakaiannya selama stu bulan itu sebanyak 1.007 kantong.

Menurutnya, kosongnya stok darah usai lebaran seperti ini, terjadi hampir setiap tahun. “Usai lebaran kecenderuangannya seperti itu. Stok darah kosong.”

Sementara itu Direktur UDD PMI Kota Tegal dr Hadi Gunawan membenarkan, bahwa stok darah PMI saat ini sangat minim. Hanya tersisa 5 kantong ditempat penyimpanan sebagai cadangan. “Kita memang sengaja menyisakan beberapa kantong untuk cadangan. Karena apabila tidak demikian makan kita kewalahan apabila terjadi kebutuhan yang sangat mendesak,” ujarnya.

Kekosongan darah di PMI, menurutnya tidak terpengaruh dengan arus mudik atau balik kemarin. Karena dalam kurun waktu tersebut tida ada kejadian luar biasa yang membutuhkan darah. Semua darah tersalurkan seperti kondisi normal, yakni untuk penyakit-penyakit berat. “Dari sekian banyak kantong darah di PMI pada Agustus lalu, terdapat 27 kantong yang dimusnahkan. Hal itu dikarenakan darah tersebut reaktif atau mengandung virus penyakit dan gagal aftab,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Hadi, memasuki awal September ini sudah ada dua jadwal kegiatan. Yakni pada Sabtu (10/9) di Enseval dengan momen ulang tahun dan Senin (12/9) di RSI Harapan Anda donor rutin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s