Harga Tiket Bus Masih Tinggi

Posted: 11 September 2011 in Serba-serbi

TEGAL, METROPOLISPOS – Arus balik Lebaran telah usai, dan kondisi jalan pun mulai normal. Namun demikian, harga tiket bus ekonomi maupun ekskutif di sejumlah agen tetap tinggi, antara Rp50 ribu hingga Rp121 ribu per lembar.

Hal ini ditegaskan Koordinator Lapangan Agen Bus PO Sinar Jaya Pacific, Nur Faizin (39). Menurutnya, harga tiket bus saat ini sama dengan beberapa hari lalu. Ketika ramai-ramainya arus balik Lebaran. Perusahaannya menjual tiket menggunakan batas atas Rp121 ribu per lembar.

Untuk tujuan Tegal-Pulogadung, Grogol, Lebak Bulus, Rawa Mangun, serta Cibitung. “Harga ini sesuai ketentuan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, dengan memakai harga tarif batas atas bukan tuslah. Kalau tuslah harga tarif batas atas masih ditambah lagi 20 persen, jadi mencapai Rp 150 ribu,” ucapnya ketika ditemui di meja kerjanya, Kamis (8/9).

Dijelaskan, harga akan kembali normal menjadi Rp50 ribu per lembar, kemungkinan dalam waktu dua pekan mendatang. Namun demikian penurunannya secara bertahap, tidak dari Rp121 ribu langsung jadi Rp50 ribu. Tapi melihat situasi dan kondisi penumpang.

Selain harga yang masih tinggi, lanjut Faizin, armada yang diberangkatkan tiap harinya juga masih sama seperti saat arus balik kemarin. Untuk pagi 4 unit bus, dan malamnya 6 armada. Ini lebih banyak dari hari biasa yang hanya memberangkatkan 6 bus per hari. Pagi 2 unit dan malam 4 unit. “Semua bus di sini kelas eksekutif. Meski harga masih tinggi, namun jumlah penumpang juga banyak. Kebanyakan calon penumpang lemparan dari stasiun kereta, yang tidak memperoleh tiket,” imbuhnya.

Hal sama diutarakan Pengurus PO Dewi Sri KS Tubun, Ida (41). Di tempatnya masih menjual tiket bus ekonomi jurusan Tegal-Jakarta seharga Rp50 ribu per lembar. Padahal pada hari biasa tiket dijual Rp35 ribu. “Harga memang masih tinggi. Karena jumlah penumpang yang maun keJakartajuga masih lumayan banyak,” ujarnya.

Menurut dia, harga tiket dijual melihat kondisi di terminal. Apabila disanatidak ada kendaraan, maka harga lebih tinggi lagi mencapai Rp60 ribu. Bahkan pada saat ramai-ramainya arus balik kemarin, tiket mencapai Rp90 ribu. Untuk saat ini jumlah pemberangkatan sama dengan saat arus balik. Dua armada satu hari. Diberangkatkan dari agen sekitar pukul 20.00 dan 21.00. “Jika hari biasa pemberangkatan hanya sekali, sekitar pukul 21.00.”

Dijelaskan, meski harga masih tinggi namun animo penumpang juga masih banyak. Terbukti masih banyaknya pesanan tiket yang masuk di tempatnya. Bahkan beberapa hari ke depan rata-rata terjual sekitar separo kapasitas bus. Dia memprediksi harga akan kembali normal, 3 pekan setelah Lebaran.

Seorang calon penumpang Bus Sinar Jaya, Ayu (25) warga Jalan Rambutan Kraton Tegal Barat membenarkan, kalau harga tiket bus saat ini sama dengan kondisi arus balik kemarin. “Namun demikian lantaran tanggung jawab tugas, mau tidak mau saya harus kembali keJakartauntuk bekerja. Saya sengaja kembali ke ibukota tidak saat ramai-ramainya arus balik. Dengan harapan kondisi jalan sudah sepi dan harga sudah turun. Ternyata perkiraan salah, kendati jalan sudah sepi, tapi harga tiket masih tinggi,” pungkasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s