Insiden Laka Lantas Melonjak Drastis

Posted: 11 September 2011 in Hukum dan Kriminal

SLAWI, METROPOLISPOS – Memasuki berakhirnya Ops PAM kemanusiaan Ketupat Candi 2011 selama arus mudik dan balik lebaran, jajaran Polres Tegal mulai melakukan evaluasi terhadap kinerja jajaran yang didukung instansi terkait selama menjalankan tugas dilapangan. Dari hasil evaluasi tersebut tak bisa dipungkiri untuk musim mudik lebaran tahun ini terjadi lonjakan dari jumlah insiden laka lantas dibanding tahun sebelumnya. Indikasi banyaknya armada kendaraan ranmor yang mengalami peningkatan, faktor humman error pun menjadi penyebab utama terjadinya insiden laka lantas.

Kapolres AKBP Nelson Pardamaian Purba SiK didampingi Paur Subbag Humas Ipda Wahyono dan Kasat Lantas AKP Ivan Hariyat SiK menyatakan selama Ops PAM Ketupat Candi digelar

untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran diwilayah hukumnya sempat terjadi 22 insiden laka lantas. “Dari jumlah tersebut tercatat korban meninggal dunia sebanyuak 14 orang, luka berat  9 orang, luka ringan 15 orang dengan kerugian material mencapai Rp 13.600.000, ” terangnya Rabu ( 7/9). Tak ditampiknya melonjaknya volume kendaraan pemudik tahun ini punya andil yang cukup besar terhadap lonjakan jumlah laka lantas, mengingat secara garis besar kondisi lintasan yang ada dinilainya sudah memenuhi standart minimal.

Insiden laka lantas selama musim mudik dan balik banyak terjadi dilintasan pantura yang menjadi titik lelah pemudik. “Upaya maksimal telah kami antisipasi melalui pemasangan spanduk diareal tersebut agar dipatuhi pemudik yang telah memasuki ambang lelah. Memang bila kondisi lelah dipaksakan akan berakibat fatal dijalanan ditengah semakin padatnya volume kendaraan yang melintas,” cetusnya. Sementara itu aksi kejahatan yang terjadi selama musim lebaran tahun ini justru ada kecenderungan menurun tajam.

Setidaknya selama sepekan lebaran hanya terjadi satu insiden curas yang terjadi di Bojong, satu insiden curanmor, tiga insiden kebakaran, satu insiden gantung diri, dan empat kasus ungkap peredaran gelap narkoba. Dan keduanya juga menyatakan meski dari jumlah angka kecelakaan tahun ini ada kecenderungan mengalami peningkatan, namun dari sisi penindakan pelanggaran berat aturan hukum berlalu lintas justru mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini bisa diartikan bahwa kesadaran hukum berlalu lintas pemudik selama Ops PAM lebaran mengalami peningkatan. Dijadwalkan secara serentak Ops PAM Ketupat Candi 2011 akan berakhir dini hari nanti, dan seluruh pos pam dan sub pos pam akan segera dibongkar oleh Polres Tegal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s