Pabrik Aspal Dingin Bakal Dibangun di Pemalang

Posted: 11 September 2011 in Ekonomi dan Bisnis

PEMALANG, METROPOLISPOS – PT Aspal Pemalang Alam Lestari perusahaan dariKoreaberencana akan membangun pabrik di Kabupaten Pemalang. Pembangunan pabrik aspal ini bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rencana pembangunan pabrik ini baru pada tahap awal paparan materi yang baru dilakukan
di Aula BKD setempat, Jumat (9/9) kemarin.

Acara paparan dihadiri langsung oleh Bupati Pemalang H Junaedi SH MM, sejumlah Assisten Sekda, Kepala Bappeda Ir Daryono CES dan Kepala DPU Ir Moh Arifin MSi serta sejumlah pejabat
dinas dan intansi yang ada di Kabupaten Pemalang. Sementara itu dari rombongan Tim Korea dariTaiwan Mr Huang, Mr Chou dan pendampingnya dari PT Aspal Pemalang Alam Lestari Ny Yati Heryanti dan Kumoro.

Ny Yati Heryanti dari PT Aspal Pemalang Alam Lestari menyampaikan acara paparan hari ini untuk menyambung pembicaraan sebelumnya dengan Bappeda. Pembangun pabrik aspal dingin intans ini karena melihat banyak sekali diIndonesia, seperti Jawa Barat dan Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Pemalang potensi alam. Sehingga kehadirannya ini ingin memberikan sesuatu yang lain dan ingin ikut membangun Kabupaten Pemalang.

“Pembangunan pabrik aspal dingin ini diharapkan akan memberikan nilai positif bagi masyarakat di
Kabupaten Pemalang,” katanya.

Adapun tujuan mendirikan pabrik aspal dingin ini untuk mengoptimalkan sumber daya alam dan ingin membuka lapangan pekerjaan. Serta untuk meningkatkan kesehjarateraan masyarakat, PDRB dan meningkatkan pendapatan daerah termasuk untuk peningkatan devisa.

Tim Korea dariTaiwanMr Huang saat memberikan paparan sebelumnya menyampaikan terima kasih kepada bupati yang telah memberikan respon adanya rencana pembangunan pabrik aspal dingin di Kabupaten Pemalang.

Menurutnya, daerah Kabupaten Pemalang sendiri banyak potensi di antaranya kaya akan pasir batu, terutama yang ada di wilayah Kecamatan
Watukumpul. Selain itu letaknya juga strategis  untuk wilayah Jawa Tengah karena jika pabrik ini berhasil di bangun untuk pemasaran jalur tranportasi bisa melalui pelabuhan diSemarang.

MR Huang ingin membangun pabrik di Pemalang tujuannya untuk membantu pemerintah. Selain itu juga untuk membatu pengembangan dalam bidang pertanian. Berdasarkan hasil pengamatannya saat ia melewati
Kabupaten Pemalang dan masuk ke pelosok-pelosok desa merasa prihatin ketika melihat kondisi jalan-jalan yang banyak mengalami rusak. Sehingga agar trasportasi berjalan lancar dan daerah Pemalang ini semakin berkembang maka perlu adanya  pembangunan pabrik aspal.

Aspal dingin yang akan diproduksi nanti menurut MR Huang banyak keunggulannya karena saat penggunaan dalam kondisi dingin pun masih bias dikerjakan dengan mudah dan lebih murah tanpa harus mengeluarkan dana banyak dan lebih murah dari semen.

“Saat kita menggunakannya tinggal jalan-jalan yang berlubang dibersihkan dikasih bahan aspal dingin ini lalu diratakan,” ucapnya.

Untuk rencana lokasi pembangunan pabrik di Kecamatan Watukumpul sedangkan kapasitas produksi 500 m3 per hari, biaya produksi Rp. 280/ Kg, belum termasuk upah tenaga, sewa
mesin, dan BBM. Adapun estimasi total investasi senilai Rp. 48.775.000.000.

Sementara Bupati Pemalang H Junaedi SH MM menyambut baik kehadiran PT Aspal Pemalang Alam Lestari yang berencana akan membangun pabrik di Pemalang. Bupati juga menegaskan bahwa Kabupaten Pemalang ini sangat terbuka untuk para investor baik dari luar negeri maupun investor lokal.

“Kami akan selalu memberikan dorongan agar investor terus masuk ke Pemalang,” kata bupati seraya dia menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Pemalang akan memberikan yang terbaik dan kemudahan-kemudahan dalam pelayanan terutama dalam soal pegurusan perizinan yang tercepat. Sehingga diharapkan akan menarik para investor untuk masuk di Pemalang.

Setelah usai paparan, Tim Korea dari TaiwanMr Huang melakukan demo produk aspal dingin yang telah disiapkan dari negerinya, Taiwan. Demo produk dilakukan di lokasi jalan yang berlubang, tepatnya
di sebelah selatan Perempatan Pagaran yang disaksikan langsung oleh bupati dan sejumlah pejabat daerah yang saat itu ikut mendampinginya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s