Berantas Calo, PLN Luncurkan Call Center 123

Posted: 12 September 2011 in Nusantara

ist

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali menabuh genderang perang terhadap praktek calo listrik. Setelah program Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GraSSS), kini PLN meluncurkan call center 123.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, peluncuran call center melalui nomor telepon 123 dimaksudkan untuk mempermudah akses bagi masyarakat yang ingin mendapat pelayanan di bidang kelistrikan.

“Dulu, call center 123 sekedar melayani info gangguan dan informasi lain, namun kini bisa  menjadi loket pelayanan pasang baru (PB), perubahan daya (PD) dan penyambungan sementara (PS),” ujarnya, kemarin (11/9).

Menurut Bambang, seluruh unit PLN yang ada di wilayah Jawa Bali sudah siap melayani permintaan pasang baru, perubahan daya, maupun penyambungan sementara melalui call center 123.

Bambang menyebut, calon pelanggan ataupun pelanggan yang ingin minta sambungan listrik, minta perubahan daya (naik atau turun), maupun minta sambungan sementara untuk keperluan temporer seperti pesta tidak perlu lagi datang ke PLN.

“Cukup menghubungi call center PLN melalui nomor telepon 123 dan pembayaran biaya administrasi (biaya penyambungan) dilakukan melalui ATM bank terdekat. Selanjutnya PLN yang akan mengurus semuanya,” terangnya.

Menurut Bambang, pelayanan via telepon ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan listrik.

“Juga untuk memberantas praktek percaloan dan pungutan-pungutan liar dalam pelayanan listrik,” ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Bambang, masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor PLN untuk meminta layanan, sehingga terbebas dari ulah para calo yang menawarkan layanan ke masyarakat yang ingin mengurus listrik.

“Sehingga, biaya yang dikenakan juga standar dan tidak ada tambahan biaya apapun,” jelasnya.

Sebelumnya, untuk memberantas praktek percaloan, PLN juga melakukan aksi jemput bola melalui program Gerakan Sehari Sejuta Sambungan (GraSSS). Melalui gerakan ini, petugas PLN datang langsung ke rumah-rumah masyarakat yang ingin mendapat sambungan listrik, sehingga menutup peluang beraksinya calo yang sering dikeluhkan masyarakat karena meminta pungutan hingga jutaan rupiah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s