Real Sociedad (2) vs Barcelona (2)

Posted: 12 September 2011 in Olahraga

SOCIEDAD – Liga Primera baru memasuki jornada kedua. Tapi, Barcelona sudah harus kehilangan dua angka. Itu setelah Barca -sebutan Barcelona- dipaksa bermain seri 2-2 di Estadio Anoeta, kandang Real Sociedad, kemarin dini hari WIB (11/9).
Ketika Barca seri, seteru utamanya, Real Madrid, meraih kemenangan 4-2 atas Getafe di Santiago Bernabeu. Alhasil, Barca saat ini mengoleksi empat poin, sedangkan Real mendonasikan angka sempurna (6 poin). Sebagai catatan, kali terakhir Real unggul dua poin dari Barca adalah tiga tahun lalu.
Barca memulai laga di Anoeta dengan Lionel Messi, David Villa, dan Andres Iniesta duduk di bench. Entrenador Barca Josep Guardiola, sepertinya, ingin menyimpan ketiganya untuk laga melawan AC Milan di LIga Champions Rabu dini hari WIB (14/9).
Tapi, kebijakan itu tidak mempengaruhi permainan ala Barca. Buktinya, tim tamu unggul cepat dua gol lewat dua playmaker, Xavi Hernandez pada menit kesepuluh dan Cesc Fabregas semenit kemudian. Keunggulan 2-0 pun bertahan sampai turun minum.
Di babak kedua, penonton laga kedua tim mungkin berpikir Barca akan menambah keunggulan di babak kedua. Siapa sangka, Sociedad justru bangkit dan mampu membalas lewat dua gol hanya dalam rentang dua menit. Yakni, lewat Imanol Agirretxe (59′) dan Antoine Griezmann (61′).
“Itu (dua gol Sociedad, Red) merupakan kesalahan konyol pertahanan kami dan kami harus membayar mahal, Sebab, setelah itu, kepercayaan diri lawan tumbuh dan mereka menunjukkan agresivitas yang lebih baik dibandingkan kami,” ucap Xavi di situs resmi klub.
“Kami sama sekali tidak mengira lawan bisa melakukannya. Kami mampu mengontrol permainan dan kami berpikir akan menyelesaikan tugas dengan baik,” sambung pemain 31 tahun itu.
Begitu skor 2-2, Guardiola memasukkan Messi dan Iniesta. Namun, kehadiran dua pemain itu tetap tidak mampu mengubah situasi. Messi bahkan diganjar kartu kuning di menit-menit akhir karena melakukan diving.
“Kami seharusnya mencetak gol setelah unggul 2-0. Tapi, sepak bola memang aneh karena lawan kami mampu mencetak dua gol dari dua kesempatan yang mereka miliki,” ungkap Dani Alves, bek kanan Barca.
Kiper Barca Victor Valdes juga mengekspresikan kekecewaannya dengan hasil seri. Khususnya karena dia gagal melengkapi kegembiraanya setelah menyalip jumlah laga kiper legendaris Barca Antonio Zubizarreta. Kemarin, Valdes memainkan laga ke-411 atau satu laga lebih banyak dibandingkan Zubizarreta yang saat ini notabene menduduki jabatan direktur olahraga Barca.
Capaian itu menempatkan Valdes menempati posisi keenam dalam daftar pemain yang paling sering membela Barca. Posisi teratas masih ditempati Xavi dengan 581 laga. “Hari ini (kemarin, Red) adalah hari yang spesial. Saya senang mengalahkan rekor Zubizarreta, tapi saya akan lebih senang apabila meraihnya dengan kemenangan,” kata Valdes seperti dilansir Marca.
Jika Valdes mencatat rekor, kiper Sociedad Claudio Bravo tampil sebagai bintang lapangan kemarin. Kiper utama timnas Cile itu melakukan empat penyelamatan, salah satunya menahan tendangan Messi dalam posisi satu lawan satu di menit-menit akhir. “Anda tidak setiap saat bisa menahan tendangan pemain terbaik dunia,” ujar Bravo di situs resmi klub. (dns)

=============================

Statistik
Real Sociedad                Barcelona
4         Tembakan ke Gawang        6
6         Tembakan Melenceng        7
4              Penyelamatan         2
5               Sepak Pojok        4
4            Offside        3
2        Kartu Kuning        1
–         Kartu Merah        –
10          Pelanggaran        17
25%              Penguasaan Bola    75%

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s