Kesempatan Calon Independen Tertutup

Posted: 13 September 2011 in Politik

BATANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Batang telah memberikan kesempatan kepada Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) mendatang dari jalur independen untuk menyerahkan bukti dukungan. Namun hingga Minggu (11/9) pukul 19.00 belum ada satu pun pasangan yang menyerakan, padahal batas akhir hanya sampai pukul 00.00.
“Hingga hari Sabtu kemarin belum ada satupun pasangan calon independen yang menyerahkan berkas dukungan. Padahal untuk batas penyerahan dukungan tersebut sampai tanggal 11 September, dan pihak KPU sendiri akan tetap menunggu hingga batas akhir yang telah ditentukan yaitu pukul 00.00,” ujar Ketua KPUD Batang Adi Pranoto.
Adi mengatakan jika hingga akhir batas waktu yang telah ditentukan tidak ada calon independen yang mendaftar, maka tidak perlu diadakan verifikasi berkas dukungan. Setelah penerimaan berkas dukungan tersebut, rencananya pada tanggal 12 September berkas tersebut akan diserahkan ke PPS melalui PPK untuk segera dilakukan verifikasi mulai tanggal 13-26 September secara door to door. “Apabila ada yang mendaftar, maka KPUD sesuai jadwal akan langsung menyerahkan data tersebut ke PPS di tingkat Desa/Kelurahan melalui PPK di tingkat kecamatan untuk dilakukan verifikasi. Namun apabila tidak ada, maka tidak perlu ada verifikasi dan hampir bisa dipastikan seluruh calon nantinya diusung oleh Parpol,” jelas Adi Pranoto.
Lebih lanjut dijelaskan, untuk persyaratan maju sebagai calon independen, pasangan calon harus menyerahkan dukungan sebanyak 32.396 dukungan dan harus tersebar di delapan kecamatan yang ada. Perhitungan berkas dukungan tersebut akan dilakukan bersama-sama antar tim dari KPU dan juga tim dari pasangan calon. Dan jika dalam perhitungan berkas dukungan kurang dari jumlah yang sudah ditentukan, maka pasangan calon harus melengkapinya.
Setelah dilakukan verifikasi terhadap jumlah berkas dukungan tersebut, pada tanggal 3 Oktober akan diumumkan pasangan mana yang lolos sebagai calon dan maju di Pemilukada pada Bulan Desember nanti. “Untuk pendaftaran calon baik perseorangan maupun dari Parpol atau gabungan Parpol sendiri akan dimulai pada 4 Oktober mendatang, sehingga penentuan apakah calon tersebut akan maju melalui jalur independen ataupun parpol pada saat itu. Namun bila sampai batas akhir yang ditentukan tidak ada yang menyerahkan dukungan, maka bisa dipastikan seluruh calon nanti akan diusung oleh Parpol ataupun gabungan parpol,” tandas pria yang masih lajang ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s