Ketahanan Pangan Jateng Meningkat

Posted: 13 September 2011 in Birokrasi

PANGKAH – Ketahanan pangan wilayah Jawa Tengah tahun 2011, diprediksi bakal meningkat. Hal ini seiring dengan meningkatnya surplus beras dan nilai tukar petani (NTP) yang juga mengalami peningkatan.

Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo melalui Kepala Badan Koodinator Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Jateng, Ir Sukarno MP mengatakan, meningkatnya produksi beras di wilayah kerjanya, merupakan salah faktor peningkatan ketahanan pangan. Tahun 2009, surplus beras di Jawa Tengah, mencapai 2,6 juta ton. Kemudian di tahun berikutnya (2010, red), produksi beras meningkat menjadi 2,9 juta ton. Bahkan kala itu, mampu memberi kontribusi untuk menopang ketahanan pangan nasional sebesar 16 persen.

Sementara tahun 2011, terhitung sejak Januari hingga Juli, surplus beras Jawa Tengah sudah mencapai 2,965 juta ton. “Padahal target 2011, hanya 3,167 juta ton. Dengan begitu, surplus beras bakal meningkat. Dan ketahanan pangan juga terjaga,” kata Sukarno dalam acara kunjungan kerja Mentri Pertanian Dr Ir H Suswono MMA, di Desa Bogares Kidul, Kecamatan Pangkah, Jumat kemarin.

Seiring dengan meningkatnya surplus beras, lanjut dia, NTP juga mengalami peningkatan pula. Terbukti, tahun 2009, meski NTP sebesar 100,03, namun masih di atas angka NTP nasional, yakni 98,58. Pada 2010, NTP Jawa Tengah sebesar 103,12 atau naik 3,09 persen. Sedangkan tahun 2011, terhitung sejak bulan Agustus, NTP bertambah menjadi 105,86 persen. Angka itu menurutnya, sudah melebihi target akhir tahun, yaitu sebesar 103,3. “Dengan kondisi surplus beras dan meningkatnya NTP, akan semakin memperkuat ketahanan pangan Jawa Tengah,” jelasnya.

Menurut dia, tahun 2009, peta ketahanan pangan di 30 Kabupaten/Kota di Jateng, menunjukan warna hijau tua yang berarti sangat tahan. Sedangkan 5 kabupaten lainnya, berwarna hijau muda termasuk di Kabupaten Brebes. “Bulan Juli lalu, peta ketahanan pangan sudah berubah. Yakni berwarna hijau muda atau berarti tahan,” kata dia menambahkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s