Korban Calo PNS Lapor Polisi

Posted: 13 September 2011 in Hukum dan Kriminal

SLAWI – Merasa dikelabuhi oknum PNS yang mampu menghantarkannya menjadi CPNS, memaksa Agus Riyanto (34) warga Desa Pangkah RT 04/ RW 06 Kecamatan Pangkah melaporkan  EK (35) PNS pemkab yang juga warga Slawi bersama rekannya EW (50) warga Desa Kalisapu ke Mapolres Tegal. Korban didampingi penasehat hukumnya, H Sigit Kusumajaya SH mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian

(SPK) Mapolres Tegal Sabtu (10/9) sekitar pukul 10.00 WIB.
Kapolres AKBP Nelson Pardamian Purba SiK didampingi Paur Subbag Humas Ipda Wahyono dan Kasat Reskrim AKP Rudi Wihartana SH mengakui laporan penipuan tersebut saat ini telah didalami pihaknya. “Langkah berikut yang hendak kami tempuh adalah pemanggil tersangka untuk dimintai keterangan terkait aduan dari korban,” cetusnya, Senin ( 12/9).

Dalam laporan awal terkuak korban sempat dijanjikan menjadi PNS dan akan ditempatkan di kantor pemda oleh EW. Untuk memudahkan hal tersebut korban sempat diminta menyerahkan uang untuk mempercepat proses pengangkatan PNS.  “Korban sempat menyerahkan uang senilai Rp 10 juta pada pelaku pada interval waktu 17 Desember 2009. Namun korban sempat curiga setelah pembayaran itu dirinya tak juga diangkat menjadi PNS. Pelaku pun menjanjikan kepastian pada korban untuk segera diangkat menjadi PTT pemda dan untuk persyarakat tersebut korban harus menyediakan anggaran sekitar Rp 40 juta,” terangnya.

Setelah mendapatkan masukan dari pelaku, korban menyanggupi untuk menutup kekurangan biaya sebesar Rp 30 juta kepada pelaku EK untuk mempercepat proses PTT yang dijanjikannya. Dimana pembayaran pelunasan tersebut dilakukan pada12 November 2010. Penantian panjang korban terhadap statusnya pun tak kunjung mendapat kepastian hingga sekarang. Diapun akhirnya memberanikan diri mengadukan kasus tersebut ke mapolres.

Bersama aduan tersbeut korban juga melampirkan fotocopy kwitansi tanda terima uang dari dua pelaku yang sempat menjanjikan proses PTT terhadap korban. Dalam kasus ini pelaku bakal dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. Dijadwalkan tim penyidik bakal melakukan pemanggilan tertulis pada dua pelaku untuk dimintai keterangan secara detail terkait kasus tersebut.

Sementara menurut beberapa sumber, antara pelaku yang diduga melakukan penipuan dengan korban sudah melakukan pertemuan dan akan mengembalikan uang tersebut secepatnya. Bahkan hari ini, (Selasa red) rencananya korban akan mencabut berkas ke mapolres.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s