Oknum Guru Pukul Siswa

Posted: 13 September 2011 in Hukum dan Kriminal

BANJARHARJO – Tindak kekerasan terhadap siswa didik oleh oknum guru di lingkungan sekolah masih terus terjadi. Kali ini menimpa ZH, siswa kelas XII SMAN 1 Banjarharjo. Ia diduga pukul oknum guru di sekolah tersebut saat proses kegiatan belajar-mengajar di dalam ruang kelas.

Arif Rohidin (34), kakak kandung korban Senin (12/9) kepada Radar menuturkan, adiknya ZH pada Kamis, 8 September lalu mengadu pada dirinya kalau baru saja mendapat perlakukan kasar dari salah satu gurunya. Ia mengaku saat korban sedang mengikuti pelajaran agama di kelasnya, guru yang bersangkutan meminta untuk agar ZH menjawab soal yang disodorkan. Namun belum sempat memberikan jawaban, tiba-tiba guru bersangkutan menyatakan kalau korban tidak mungkin bisa menjawabnya.

“Mendengar pernyataan dari gurunya tersebut, adik saya hanya bisa diam. Namun dengan sikapnya yang kasar guru tersebut mendatangi Zaenal dan langsung memukul pada bagian kepala,” ujar Arif.

Ia menuturkan, selain kepada Zaenal, guru yang bernama Subaryono tersebut konon kerap melakukan tindakan serupa kepada siswa lain. Namun sampai dengan saat ini tidak ada pihak warga maupun orang tua siswa yang melaporkan hal tersebut.

Untuk itu selaku wali murid, dirinya meminta kepada pihak sekolah mapun Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes untuk memberikan tindakan kepada oknum guru tersebut. Pasalnya, selain telah melakukan penganiayaan terhadap adiknya, guru yang bersangkutan juga telah merusak mental siswa. “Ini mengingat tindakan tersebut dilakukan di dalam kelas dan disaksikan banyak siswa lainnya,” ujarnya.

Arif juga mengancam apabila hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka dirinya akan melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib.

Sementara Kepala SMAN 1 Banjarharjo Muhromin MPd melalui Humasnya Yohanes Rihadi saat ditemui di sekolahnya mengaku, terkait dengan kasus pemukulan tersebut sampai saat ini dirinya tidak mengetahui. Bahkan dirinya baru tahu dari informasi dari rekan media. Namun demikian, pihaknya akan menyampaikan hal tersebut ke kepala sekolah untuk bisa ditindaklanjuti.

“Kami sampai dengan saat ini belum mengetahui adanya tindakan tersebut. Tapi kami akan tetap menindaklanjuti laporan tersebut ke kepala sekolah,” terangnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s