Pemkot Tegal Diminta Siapkan Peta Superposisi

Posted: 13 September 2011 in Birokrasi

SAMPAI saat ini jumlah pasti perubahan fungsi wilayah, akibat revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Tegal tahun 2011 – 2030 belum diketahui secara pasti. Untuk itu, Panitia Khusus (Pansus) V DPRD yang membahas masalah Raperda RTRW, bakal meminta peta superposisi pada Pemkot.

Menurut Ketua Pansus V DPRD Abdullah Sungkar SE ST, usai memimpin rapat dengan tim Pemkot, Senin (12/9) kemarin, untuk mengetahui kongkrit maka Pansus minta peta superposisi matrik perubahan dari Perda Nomor 2 Tahun 2004 tentang RTRW 2004 – 2014, dengan draf Raperda RTRW 2011 – 2030. “Kami akan bekerja dengan peta usulan Pemkot, dan membandingkan kondisi eksisting di lokasi. Karena itu, sebelum pembahasan kami segera melakukan tinjauan lapangan.”

Lebih lanjut dia mengungkapkan, Pansus akan bekerja marathon. Bahkan sesuai jadual yang ditetapkan, antara lain tanggal 12 September 2011 paparan tim Pemkot, Selasa (13/9) tinjauan lapangan diteruskan rapat kerja Pansus, Rabu (14/9) tinjauan lapangan dilanjutkan rapat kerja Pansus V, dan Kamis (15/9) diteruskan tinjauan lapangan.

“Kami juga akan menggelar public hearing, dalam kegiatan tersebut meminta Pemkot memaparkan soal RTRW pada masyarakat. Sehingga ada persamaan persepsi antara Pansus dengan masyarakat. Usulan dan masukan dilakukan di awal sebelum membahas pasal-pasal raperda. Dengan tujuan masukan masyarakat secara teknis memungkinkan bisa terakomodir dalam Perda,” imbuh Sungkar.

Kalau memungkinkan, tandasnya, usulan masyarakat memang penting dan diperlukan maka dapat diakomodir, untuk masuk dalam draf raperda. “Pemkot supaya segera menyusun perda rencana detail tata ruang kota, setelah Raperda RTRW ditetapkan jadi Perda. Perda detail tata ruang ini harus jeli, mengatur teknis dan menyangkut bagian kota,” tuturnya seraya menjelaskan, pengaturan teknis RTRW dengan Perda, bukan Perwal merupakan amanah UU. Sehingga Pemkot harus menyiapkan Raperda detail tata ruang, setelah Perda RTRW ditetapkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s