Sidang Gugatan Cawabup PDIP Ditunda

Posted: 13 September 2011 in Politik

BREBES – Sidang gugatan proses penjaringan Wakil Bupati Brebes oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Brebes di Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Senin (12/9) ditunda. Penundaan tersebut disebabkan tidak hadirnya pihak penggugat atas nama, Syamsul Bayan dan sejumlah pihak tergugat.

Usai memeriksa surat kuasa sebagai pengacara dan meminta kartu izin pengacara dari  masing-masing pengacara penggugat dan tergugat, majelis hakim yang dipimpin Yuswardi SH memandang, sidang perdana dengan agenda mediasi itu harus ditunda pada Senin 19 September 2011 mendatang.

Seperti diberitakan, Syamsul Bayan SH MH selaku peserta penjaringan Cawabup DPC PDIP Brebes menggugat proses penjaringan yang dilakukan DPC PDIP Brebes dengan nilai ganti rugi material dan immaterial sebesar Rp 13 miliar. Gugatan tersebut didaftarkan dengan nomor perkara 16/pdt.G/ 2011/ PN.Bbs tertanggal 5 Juli 2011. Syamsul menggugat Penanggung Jawab Panitia Penjaringan Cawabup PDIP Brebes, H Ilia Amin selaku tergugat pertama. Selanjutnya tergugat 2 beberapa Wakil Ketua Panitia Penjaringan Cabwabup PDIP Brebes. Tergugat 3 adalah Ketua DPC PDIP Brebes H Indra Kusuma Ssos. Kemudian, tergugat 4 Ketua DPD PDIP Jateng, Murdoko dan tergugat 5 Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri.

Selain Syamsul Bayan, tergugat empat tidak hadir. Sementara pihak tergugat Illia Amin, panitia penjaringan Sukirso, DPC PDI P dan DPP PDI P sebagai perwakilan kuasa hukumnya adalah Arteria Dahlan SH hadir. Tampak hadir pula kuasa hukum penggugat, yaitu Herfaruk SH serta sejumlah pengurus dan petinggi DPC PDIP Brebes.

ANCAM TUNTUT BALIK

Sementara itu, kuasa hukum DPP PDIP Aretria Dahlan mengaku optimis dalam sidang perdata ini, PN Brebes nantinya tidak akan menerima gugatan Syamsul Bayan. Bahkan pihaknya meminta Syamsul Bayan untuk mencabut gugatannya. Jika tidak, pihaknya mengancam akan menuntut balik yang bersangkutan secara pidana maupun perdata.

Arteria menilai, secara personal, Syamsul Bayan mengaku sebagai kader PDIP tapi tidak jelas statusnya. Selain itu, materi gugatan yang disampaikan penggugat juga sama sekali tidak berkualitas dan manipulatif. Sebab gugatan-gugatan tersebut jauh dari fakta yang ada. “Persoalan sengketa penjaringan wabup adalah urusan internal partai. Begitu juga dengan rekomendasi yang saat ini sebagai wabup terpilihnya adalah Hj Idza Priyanti kewenangan dari DPP bukan DPC. Saya minta dicabut atau kami tuntut secara hukum,” tandas Arteria.

Sebelumnya, Syamsul Bayan menganggap gugatan perdata diajukan karena niat untuk menyelesaikan persoalan proses penjaringan cawabup secara internal partai tidak direspon. Dijelaskan, dirinya telah berusaha untuk meminta penjelasan terkait proses penjaringan cawabup yang diduga menyimpang. Namun, panitia terkesan menghindar. “Ini yang menjadi alasan kami. Akibat ketidakberesan proses penjaringan, kami sebagai peserta juga merasa dirugikan baik secara materiil maupun imateriil,” terangnya.

Menurut dia, tergugat pertama sebagai penanggung jawab proses penjaringan Cawabup dinilai tidak melaksanakan proses sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu, meminta dana gotong royong kepada calon tanpa dasar hukum yang kuat dan tidak bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya. Sedangkan tergugat 2, seharusnya hanya melakukan verifikasi cawabup dan hasilnya hanya disampaikan oleh tergugat 3 kepada tergugat 4, dan bukan kepada tergugat 5. “Ini berarti tergugat 3 langkahnya bertentangan dan melawan hukum dengan pasal 14 ayat 5 Keterapan DPP PDIP nomor 031 yang mengakibatkan penggugat dirugikan,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, akibat tindakan itu, pihaknya secara materiil dirugikan hingga Rp 515 juta. Sedangkan secara imateriil dirugikan hingga Rp 12.714.000.000. Sehingga total kerugikan mencapai Rp 13,229 miliar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s