ABMI Minta Harga Pupuk Kujang Dipantau

Posted: 16 September 2011 in Ekonomi dan Bisnis

Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) meminta pemerintah dan pihak terkait untuk mengawasi dan memantau harga pupuk urea bersubisi PT Kujang di wilayah Kabupaten Brebes. Pasalnya, munculnya wacana penarikan pupuk Kujang pada akhir tahun ini, rentan menimbulkan permainan harga yang oleh pihak-pihak yang ingin memanfaatkan kecemasan para petani.

“Saat ini hingga bulan Desember nanti, petani sudah resah dengan akan ditariknya pupuk Kujang diganti Pusri. Karenanya, secara psikologis ini mempengaruhi petani menjadi cemas, dan mereka rentan menjadi obyek korban permainan harga,” kata Ketua Umum ABMI, HM Asmawi Isa SH seusai halal bihalal anggota DPRD dan pegawai Setwan, Kamis (15/9).

Secara tegas, pihaknya menolak peralihan pupuk Kujang ke Pusri di wilayah Kabupaten Brebes. Sebab, ketergantungan dan kebutuhan masyarakat sudah terlanjur fanatik dengan Kujang sebagai sahabat cocok tanam. Selain itu, permintaan petani di Kabupaten Brebes terhadap Kujang cukup tinggi untuk tanaman bawang merah maupun padi. Namun, munculnya wacana tersebut, membuat petani rawan dikorbankan harga dengan melambungnya harga.

“Imbasnya petani khawatir tidak akan ada Kujang lagi mulai tahun depan. Dan mereka bisa dimanfaatkan penjual atau pihak-pihak yang menjualnya dengan harga tinggi. Sehingga, kami meminta pemerintah untuk melakukan pengawasan ketat terhadap distributor, agen hingga penjual eceran,” tandas Wakil Ketua DPRD Brebes itu.

Sementara itu, Abdurrahman, Ketua Poktan Sumber Pangan Desa Tegalglagah, Kecamatan Bulakamba menuturkan, permintaan pupuk Kujang anggotanya cukup tinggi. Karena selain untuk tanam bawang merah pada bulan September hingga Desember, pupuk Kujang juga digunakan pada tanaman padi bulan tertentu. “Kami jelas was-was dan tidak tenang. Apalagi menjelang dicabut sesuai informasi tahun depan, harga Kujang saat ini sudah Rp 2000 perkilogram, padahal sesuai HET hanya Rp 1600-an. Bagaimana jika semakin mendekati akhir tahun,” ujarnya setengah bertanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s